Bertandang ke Kepulauan Faroe , Portugal Pesta Goal

Pasang Dulu – Portugal menang besar lagi ketika bertandang ke markas Kepulauan Faroe dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2018, Selasa (11/10). Enam gol dikumpulkan oleh Portugal tanpa ada perlawanan dari tuan rumah.

Dalam pertandingan sebelumnya, Portugal juga menang dengan skor yang sama, enam gol, ketika menghadapi Andorra.

Kali ini, ketika laga baru berjalan separuh babak, Portugal sudah unggul tiga gol yang semuanya dicetak oleh Andre Silva. Cristiano Ronaldo, Joao Mario, dan Joao Cancelo masing-masing menyumbangkan satu gol di babak kedua.

Meskipun tampil sebagai tim tamu, Portugal mendominasi pertandingan sejak menit awal. Faroe memang tim underdog. Dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2014, mereka menjadi juru kunci klasemen.

Berlangsung di Torsvoellur Stadium, Portugal sudah memimpin keunggulan ketika memasuki menit ke-12. Pertahanan yang buruk membuat Silva mudah menerobos barisan pertahanan tuan rumah dan kemudian menaklukkan penjaga gawang Gunnar Nielsen.

Silva kembali mencetak gol pada menit 22. Setelah umpan datar Quaresma ke dalam kotak penalti membentur pemain Kepulauan Faroe, Silva yang berdiri tak terjaga di dalam kotak penalti langsung menyambar dengan kepalanya dan menjadikan skor berubah jadi 0-2.

Hattrick untuk Silva! Ia mencetak gol lagi setelah kiper lawan tak mampu menangkap dengan sempurna tembakan Joao Cancelo dari luar kotak penalti. Lagi-lagi Silva berada posisi tepat untuk mencetak gol dan menjadikan skor 0-3 pada menit 37.

Setelah istirahat, tuan rumah tak menunjukkan kebangkitan. Ronaldo hampir saja membobol gawang mereka di awal-awal babak kedua. Untungnya, Nielsen masih sigap untuk menghentikan tembakan Ronaldo.

Gagal dalam kesempatan tersebut, Ronaldo akhirnya mampu mencetak gol di menit 65. Setelah terjadi kerja sama apik dengan Mario, Ronaldo melakukan tembakan keras dengan kaki kirinya dan menjebol gawang Nielsen untuk keempat kalinya.

Penderitaan tuan rumah tak sampai sini. Moutinho semakin membenamkan Faroe. Ia mencetak gol kelima untuk Portugal pada menit 91 lewat tendangan indah dari luar kotak penalti.

Dua menit kemudian, Cancelo mencatatkan namanya di papan skor setelah mendapatkan umpan terobosan dari Gelson Martins. Dan kemenangan Portugal pun genap 0-6 ketika wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Dengan hasil ini, Portugal berada di peringkat dua klasemen grup B, berjarak tiga poin dari Swiss di peringkat pertama. Sedangkan Kepulauan Faroe di peringkat empat.

Susunan Pemain

Faroe Islands (4-4-1-1):
Nielsen; Jogvansson-Hansen, Gregersen (Johan Troest Davidsen 72), Nattestad, Davidsen; Vatnhamar, Benjaminsen, Hansson, Sorensen (Rene Shaki Joensen 66); Hendriksson (Kaj Leo i Bartalsstovu 79); Edmundsson.

Portugal (4-4-2):
Patricio; Cancelo, Fonte, Pepe, Antunes; Quaresma (Gelson 67), Carvalho, Mario (JOao Moutinho 81), Andre Gomes; Ronaldo, Silva (Eder 79). (bola/shd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *